welcome

welcome to school life !

Rabu, 30 November 2011

materi TIK kelas XII

Vektor Vs Bitmap

Pernahkah anda mendengar istilah bitmap ataupun vector?,bitmap atau vector adalah kedua jenis gambar grafis yang diolah di komputer.Terdapat 2 perbedaan antara kedua jenis gambar ini. Untuk mendapat hasil cetak yang baik anda harus fapat menggabungkan kedua jenis gambar tersebut. ah gambar-gambar bitmap, sementara gambar-gambar yang dibuat menggunakan aplikasi seperti Adobe Illustrator, Freehand maupun Corel Draw akan tersimpan sebagai vector graphics. Akan tetapi Anda dapat melakukan konversi gambar antar keduanya, dan bahkan memungkinkan bagi keduanya untuk digabungkan ke dalam satu file. Hal ini yang biasanya cukup membingungkan bagi orang awam.

GAMBAR BITMAP
Seperti namanya, gambar bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar. Gambar tersebut memiliki kandungan satuan-satuan titik (atau pixels) yang memiliki warnanya masing-masing (disebut dengan bits, unit terkecil dari informasi pada komputer).
Semakin banyak jumlah pixel yang ada pada sebuah gambar, maka semakin halus dan realistik gambar tersebut.
Jenis Gambar Bitmap :
1. Line-art
Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna, biasanya hitam dan putih. Biasanya gambar jenis ini dijadikan gambar bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit (warna hitam yang membentuk gambar, warna putih sebagai latar) untuk mendefinisikan masing-masing pixel-nya.
2. Grayscale Images
Yang terdiri dari bermacam warna abu-abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih.
3. Multitones
Terdiri dari dua warna atau lebih. Gambar multitones yang biasa digunakan adalah duotones, yang biasanya terdiri dari paduan warna hitam dengan warna khusus (Pantone colour). Warna yang digunakan pada gambar di atas adalah paduan dari warna hitam dengan Pantone Warm Red.
4. Full Colour Images
Merupakan gambar yang memiliki warna yang tampak realistis. Informasi warna dijelaskan menggunakan jenis-jenis standar warna seperti RGB, CMYK atau Lab.
Karakteristik Data Bitmap
Gambar yang menggunakan data bitmap akan menghasilkan bobot file yang besar. Sebagai contoh, sebuah gambar dengan standar warna CMYK berukuran A4 yang memiliki kualitas cetak menengah (medium) menghasilkan bobot file sebesar 40 MB. Dengan menggunakan kompresi dapat memperkecil bobot sebuah file.
Perbesaran dimensi gambar merupakan salah satu kekurangan jenis gambar bitmap ini. Begitu sebuah gambar diperbesar terlalu banyak, akan terlihat tidak natural dan pecah. Begitu juga dengan memperkecil sebuah gambar, akan memberikan dampak buruk seperti berkurangnya ketajaman gambar tersebut.
Bitmap cukup simpel untuk pencetakan selama printer yang digunakan memiliki memory yang cukup. Mesin cetak PostScript level 1 jaman dulu akan mengalami masalah ketika mendapatkan sebuah gambar (khususnya Line-art) yang dirotasi, tapi hardware dan software jaman sekarang dapat menangani berbagai efek manipulasi gambar apapun tanpa masalah.
Aplikasi Data Bitmap
Ada ratusan aplikasi di pasaran yang dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi file gambar dengan data bitmap. Dalam dunia percetakan, Adobe Photoshop adalah aplikasi yang mendominasi pasar. Tapi bukan berarti aplikasi alternatif yang lebih murah seperti Corel Photo-Paint dapat dianggap remeh.
Format File yang digunakan untuk Data Bitmap
Gambar dengan format data bitmap dapat disimpan dalam berbagai macam format file, antara lain:
* BMP; format file yang terbatas, tidak cocok digunakan untuk cetak
* EPS; format file yang fleksibel, yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor
* GIF; biasanya digunakan untuk grafis-grafis di internet
* JPEG; atau juga format file JFIF, biasa digunakan sebagai grafik atau gambar di internet karena memiliki tingkat ketajaman gambar yang dapat mempengaruhi bobot file
* PICT; format file yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor, tetapi biasanya file ini hanya digunakan oleh komputer Macintosh dan tidak terlalu cocok untuk cetak
* TIFF; merupakan format file bitmap yang paling populer untuk cetak.

GRAFIS VEKTOR
Grafis vektor adalah gambar yang ditampilkan menggunakan definisi matematis.grafis vector adalah salah satu metode yang dapat menciptakan hasil terbaik dan digunakan oleh kebanyakan aplikasi gambar saat ini.
Karakteristik Gambar Vektor
Gambar vektor biasanya memiliki bobot file yang cukup kecil karena hanya berisi data mengenai bezier curves yang membentuk sebuah gambar. Format file EPS seringkali digunakan untuk menyimpan gambar vektor yang dapat memberikan penampilan gambar bitmap (bitmap preview image) dalam data bezier. Bobot file dari gambar penampilan biasanya lebih besar dari data bezier-nya sendiri.
Dimensi gambar vektor biasanya dapat diubah tanpa mengurangi kualitas gambarnya sendiri. Hal ini yang menjadikannya ideal dalam pembuatan logo perusahaan, peta/denah, atau objek-objek lain yang seringkali membutuhkan perubahan skala/dimensi. Perlu diperhatikan, tidak semua gambar vektor dapat diubah skalanya sesuka Anda:
* Gambar hanya dapat diubah skalanya hingga 20 persen lebih besar atau lebih kecil
* Garis-garis tipis dapat menghilang jika gambar vektor diperkecil terlalu banyak
* Kesalahan-kesalahan kecil pada sebuah gambar dapat terlihat jelas ketika gambar diperbesar terlalu besar
Cukup mudah untuk membuat sebuah gambar vektor yang sulit untuk dibuatkan output-nya. Khususnya penggunaan tiles (objek-objek kecil yang diuat berulang-ulang) dan efek lens pada Corel Draw dapat membuat file yang sangat kompleks.
Aplikasi Data Vektor
Ada ratusan aplikasi di pasaran yang dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi data vektor. Dalam dunia percetakan, Adobe Illustrator, Freehand dan Corel Draw adalah aplikasi-aplikasi yang cukup populer.
Format File yang digunakan untuk Data Vektor
Secara umum data vektor dapat disimpan dalam format file:
* EPS; format file yang paling populer untuk menyimpan gambar vektor walaupun format EPS juga dapat berisi data bitmap.
* PDF; format file yang cukup serbaguna, yang dapat berisi data apa saja termasuk halaman-halaman lengkap
* PICT; format file yang dapat berisi data bitmap maupun vektor, tetapi biasanya hanya dapat digunakan oleh komputer macintosh.

Materi TIK kelas XI

A.Internet

1.Pengertian Internet

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

2. Sejarah internet

Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.

Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

3. Manfaat internet

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

B. Web Site atau Situs

1.Pengertian Web Site atau Situs

Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.

2. Unsur-Unsur Web Site atau Situs

Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain:

a. Domain Name.
Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah URL adalah http://www.yahoo.com–dapat juga tanpa www–
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet:
1. Generic Domains

Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.

Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan “commercial”.

Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)

Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)

Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)

Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).

2. Country-Specific Domains

Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:

Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah

Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan

Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia

Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia

Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain

Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia

Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU

Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.

Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu(tahunan).

b. Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
c. Scripts/Bahasa Program
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.
Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.
d. Design Web
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site.
Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.
e. Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi. Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb)
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

3. Pemeliharaan Web Site atau Situs

Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.

Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik biasanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya

Prosedur mengaktifkan dan mematikan komputer


Prosedur mengaktifkan dan mematikan komputer

Langkah-langkah untuk mengaktifkan komputer adalah:
·         pastikan arus listrik sudah mengalir ke komputer
·         tekan tombol power pada bagian depan CPU dan tunggulah beberapa saat
·         nyalakan monitor dengan menekan tombol power monitor
·         tunggu beberapa saat sampai komputer siap digunakan.

Proses menyalakan komputer dari keadaan mati sampai dengan aktif disebutcold booting. Selain cold booting, ada pula warm booting. Warm booting terjadi jika komputer sudahaktif atau sistem operasi sudah berjalan dan kita menekan tombol reset.

Proses bootingselesai jika tampilan desktop muncul dan komputer siap digunakan seperti yangditampilkan pada Gambar


Tampilan desktop sistem operasi Linux yang menandakan komputer siap digunakan
Setelah Anda selesai bekerja dengan komputer, Anda pun harus mematikan komputerdengan prosedur yang benar. Anda tidak diperbolehkan mematikan secara paksa, misalnyadengan menekan tombol power, mematikan dari powersupply, atau mencabut kabel darisumber arus listrik secara langsung sebelum proses shutdown Anda lakukan. Prosedurmematikan komputer yang benar adalah dengan cara logout (keluar dari sistem), kemudianmelakukan proses shutdown. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
·         simpan seluruh file yang Anda kerjakan dengan menu Save
·         tutup semua program aplikasi yang terbuka
·         pilih menu System
·         pilih menu Quit
·         pilih Shut down.


Sebelum Anda benar-benar mematikan komputer, sistem operasi Linux akan menawarkanbeberapa pilihan, yaitu:
·         Logout, artinya Anda hanya keluar dari login Anda, sementara komputer masih aktif 
·         Switch User, artinya Anda keluar dari login karena komputer akan digunakan oleh userlain
·         Lock Screen, artinya layar desktop Anda akan terkunci dan untuk melihatnya lagi Andaharus memasukkan password
·         Sleep, artinya beberapa komponen komputer akan dimatikan tetapi konfigurasi sistemmasih tersimpan di memory
·         Hibernate, artinya beberapa komponen komputer akan dimatikan tetapi sistem masihtersimpan di harddisk dan dengan mudah dijalankan kembali tanpa proses booting.
·         Restart, artinya komputer dinyalakan ulang dengan cara melakukan shutdownkemudian secara otomatis melakukan startup sendiri.
·         Shutdown, artinya mematikan komputer secara penuh.


Materi TIK Kelas X


SISTEM OPERASI KOMPUTER

A.      Operasi Dasar pada Sistem Operasi Komputer
System operasi merupakan sebuah penghubung antara user (pengguna computer) dengan hardware (Perangkat keras) computer. Sebelum ada OS orang menggunakan computer analog dan sinyal digital.

1.       Pengertian Sistem Operasi
OS adalah suatu perangkat yang mengelola sumber daya  yang terdapat pada system computer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber daya system computer. Dengan kata lain OS dapat disebut sebagai kumpulan dari software pengendali hardware.
Perkembangan OS:
a.       Generasi pertama (1945 – 1955)
Pada masa ini belum ada system operasi, system computer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. Pada tahun 1941 Konrad Zuse seorang insiyur Jerman membangun sebuah computer Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943 pihak Inggris menyelesaikan computer  pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus kode yang digunakan Jerman. Howard H. Aiken (1900-1973) seorang insiyur Harvard yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator yang berukuran setengah lapangan bola. Selanjutnya kerja sama amerika serikat dan Universitas of Pennsylvania membuat ENIAC (Electronic Numerical Integrator and computer) yang terdiri dari tabung vakum dan resistor.
Ciri-ciri computer generasi pertama :
·         Operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu
·         Program dibuat dalam bahasa mesin
·         Operasinya lambat dan cepat panas
·         Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara
·         Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar
·         Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data
Yang termasuk computer generasi pertama :
Mark 1, mark 2, mark 3, IBM 702, IBM 704, IBM 709, ENIAC, Edvac, Univac 1, Univac 2, datamatic 1000, CRC, NCR, 102 A, NCR 102D, BICMAC, BICMAC2.
b.      Generasi kedua (1955 – 1965)
Memperkenalkan Batch Processing System, yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan, belum menggunakan OS tetapi fungsi system operasi sudah ada contohnya FMS dan IBSYS.
Pada Tahun 1948, Penemuan Transistor Sangat Mempengaruhi Perkembangan Komputer. Trasnsistor menggantikan Tube vakum di televise, radio dan komputer. Akibatnya ukuran mesin-mesin elektrik berkurang dratis. Transistor mulai digunakan didalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang merupakan pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan computer  generasi kedua. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super computer.
Secara umum computer generasi kedua ditandai ditandai dengan ciri-ciri antara lain:
·         Program telah dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti cobol, fortran, basic, algol dsb.
·         Bahasa mesin digantikan dengan bahasa assembly, yaitu bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
·         Kapasitas memori utama cukup besar
·         Komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan tabung hampa udara.
·         Proses operasinya lebih cepat
·         Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing
·         Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
·         Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk.
Yang termasuk komputer generasi dua adalah : LARC, IBM 1401, UNIVAC 3, UNIVAC Ss80, UNIVAC 1107, BURROUHGS 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, NCR 300, HONEYWELL 400, HONEYWELL 800, CDC 1604, CDC 160A, GE 645, DAN GE 200.
c.       Generasi ketiga (1965 – 1980)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack kilby, seorangh insiyur texas mengembangkan sirkuit integrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. Mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Hasilnya computer menjadi smeakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori computer.
Ciri-ciri computer generasi ketiga adalah :
·         Komponen yang dipakai adalah IC (Iintegrated circuit)
·         Kapasitas memori computer jauh lebih besar
·         Operasinya lebih cepat dan tepat
·         Ukuran fisik jauh ebih kecil sehingga hemat listrik
·         Menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access
·         Dapat melakukan multi processing dan multi programming
·         Alat input output menggunakan visual display terminal
·         Dapat melakukan komunikasi data dari satu computer ke computer yang l;ain

d.      Generasi keempat (pasca 1980-an)
Pada tahun 1980-an Very Scale Integration (VLSI)memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tungga. Ultra Large Scale Intergation (ULSI) meningkatkan tersebut menjadi jutaan. Hal terseut juga Meningkatkan daya kerja computer, efisiensi dan keterandalan. Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah computer (CPU, memori, dan kendali input/output)dalam sebuah chip yang sngat kecil.
Cirri-ciri computer generasi keempat :
·         Menggunakan Large Scale Integration (LSI)
·         Menggunakan mikroprosessor dan semi konduktor yang berbentuk chip untuk memori computer
·         Daya kerja, efisiensi dan keandalan computer meningkat
·         Computer dapat digunakan untuk mengontrol peralatan-peralatan lain;
·         Computer dihubungkan dalam jaringan-jaringan local dan jaringan internet
Yang termasuk computer generasi keempat : IBM 370, Aplle 2, IBM PC/XT, IBM PS/2, IBM PC/ 386, IBM PC/486, Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4, AMD k6, AMD Athlon.

2.       Fungsi Sistem Operasi
a.       Sistem Booting
Proses booting terjadi pada saat dimulainya menghidupkan system computer. Yaitu OS mengecek dan menyimpan konfigurasi hardware, seperti monitor dan memri internal.
b.      Manajemen proses
Inti proses yang ada didalam memori utama adalah mengarahkan pengemablian program kedalam memori utama untuk dieksekusi oleh CPU.
c.       Manajemen Memori adalah mengelola memori yang terdiri dari partisi perprogram ke dalam memori utama untuk dieksekusi oleh CPU.
d.      Manajemen File
OS membuat dan mengattur struktur direktori serta operasi-operasi terhadap file sebagai contoh copy, delete, rename dan paste.
e.      Task Management
f.        Formatting
g.       Keamanan data
h.      User Interface
OS menyediakan interface (antarmuka) yang berbasis grafis atau GUI (Graphic User Interface)agar user dapat bekerja dengan perangkat lunak lainnya.
i.         Toleransi kesalahan
OS akan menangani kesalahan yang ada sehingga kompuetr tetap akan berjalan ketika terjadi kesalahan.
3.       System Operasi dengan BIOS (Basic Input output System)
BIOS berfugsi sebagaio penghubung dan penyimpan. Fungsi BIOS digunakan sebagai perintah internal seperti DIR, copy, del, rename.BIOS langsung dipasang didalam computer oleh pabriknya. Adapun OS merupakan kumpulan perintah untuk mengatur, mengotrol, dan mengendalikan segala kegiatan kompuetr, seperti menerima masukan, memprosesnya dan mengelurkan hasil.
4.       Sistem Operasi Window
OS window dibuat oleh perusahaan Microsoft yang terletak diamaerika dan dipimpin oleh Bill Gates. Diantaranya : windows 3.0, winwod 3.1.1, windows 95, windows 98, windows 2000, windows Me, Windows NT, Windos XP, windows Vista, winwows 7.
B.      Setting Peripheral pada OS
Pengatur suatu hardware kedalam computer misalnya : setting printer, setting monitor, setting regional.
1.       Setting printer dalam computer
Cara menginstal printer adalah :
Klik start>control panel>Printers and faxes, misalnya kita akan menambah jenis printer HP:
1.       Masukkan CD Driver hp kedalam CD ROM
2.       Carilah file setup.exe
3.       Klik install sampai selesai.
2.       Setting monitor
Terdapat beberapa konfigurasi yang dapat diatur diantaranya : theme, desktop, screen saver, appearance dan setting. Untuk mengatur tampilan monitor lakukan langkah-langkah :
Start>control panel> display selanjutnya lakukan pengaturan diatas.
3.       Setting Regional
Setting regional adalah melakukan pengaturan konfigurasi struktur informasi, seperti waktu, tanggal dan pemakaian tanda baca. Untuk melakukan setting regional lakukan langkah :
1.       Klik start>control panel>arahkan kursor ke date, time, languageand regional options> regional and language options
2.       Anda dapat mengatur tempat adan, setting tanggal dan penggunaan tanda baca.
C.      Manajemen File
1.       Menu Pull Down
Menu PullDown adalah perintah computer yang ditampilkan menurut kelompoknya yang berada di bar pada menu bar, seperti file, edit, view, insert, format, tools, table, window dan help.
2.       File, folder dan membuat folder
Folder dapat dibuat dengan berbagai cara berikut satu cara :
1.       Klik file>new> folder> beri nama folder> ok/enter.
3.       Menggunakan drag and drop
Drag and drop adalah untuk membaut duplikasi atau memindahkan suatu objek dari folder ke folder yang lain. Caranya klik kiri mouse tanpa dilepas lepaskan pada tempat yang akan diberi file atau folder.
4.       Mengenal tipe dan  jenis file
Berikut contoh tipe file: bmp (gambar), GIF (gambar), JPG/JPEG (gambar), PSD (gambar), doc (document), xls (excel).
5.       Mengganti nama file dan nama folder
Untuk mengganti nama file atau folder dapat dengan menekan tombol f2 atau klik kanan pilih rename.
6.       Memformat disket
Klik kanan pada logo disket (drive a:) pilih format.
7.       Menyalin file dari hardisk ke disket atau sebaliknya
Klik kanan pada file pilih send to 3,5 floppy (A:)
1.       Sebutkan jenis-jenis system operasi!
2.       Sebutkan fungsi system operasi dan task manajemen!
3.       Fungsi OS juga digunakan untuk keamanan data pada computer apa maksudnya.
4.       Jelaskan pengertian dari istilah drag and drop!
5.       Jelaskan proses pemformatan disket melalui windows.
Perangkat Lunak Pengolah Kata
A.      Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata
1.       Tampilan Jendela Microsodft Word  2003
Tampilan jendela windows terdiri dari :
a.       Title bar
b.      Windows control
c.       Menu bar
d.      Toolbar
e.      Task pane
f.        Mistar (ruler)
g.       Status bar
h.      Scroll bar
i.         Main window
2.       Menu dan Fungsi Submenu Microsoft Word
Beberapa menu bar antara lain :
1.       Menu file terdiri dari :
New              : membuat document baru
Open             : membuka dokumen
Close             : menutup document
Save              : menyimpan document
Save as         : menyimpan dokumen dengan nama baru
Page setup : mengatur halaman
2.       Menu edit   :
Undo             : membatalkan perintah yang terakhir dijalankan
Redo             : mengulang perintah
Cut                 : memotong teks atau objek
Copy              : menyalin teks atau objek
Paste             : meletakkan teks hasil copy
Selest all      : memilih semua isi document
Find               : mencari teks
Replace        : mengganti teks tertentu
3.       Menu View                :
Ruler             : menampilkan atau menyembunyikan penggaris
Header and footer  : membuat Kop Surat, Nomor halaman dsb.
Full screen  : menampilkan layar editing Microsoft Word dalam tampilan sepenuh layar
4.       Menu Insert               :
ClipArt          : menyisipkan gambar clip yang sudah tersedia pada Microsoft Word
PicturesFromDile     : Menyisipkan file gambar kedalam dokumen
WordArt      : Membuat Teks Artistik
Autoshape  : membuat gambar-gambar bentuk dasar yang sudah tersedia pada Microsoft Word
Chart             : membuat grafik
5.       Menu format:
Font               : mengubah bentuk, ukuran warna dan sebagainya
Paragraph   : mengatur perataan, indentasi dan jarak spasi pada paragraph
Bullets and numbering          : membuat daftar penomoran
Border and shading                 : menambah bingkai dan warna latar pada paragraph
Column        : membuat bentuk kolom Koran
Tabs               : membuat tabulasi
Drop cap      : Membuat huruf capital di awal paragraf
6.       Menu tools : option untuk mengaktifkan dan menghilangkan perlengkapan di dalam Microsoft Word misalnya text Boundaries.
7.       Menu table                :
Insert-table                : membuat table
Delete          : menghapus tablel
Split               : menghapus sel dalam table
Merge          : menggabung sel pada table
Formula       : membuat rumus perhitungan pada table
8.       Menu Windows
New window             : menampilkan window baru yang sama
Arrange all                  : mengatur semua dokumen aktif dalam satu layar
Compare side by side with   : menampilkan dua buah dokumen aktif secara berdampingan
Split               : menampilkan dua buah dokumen akltif secara vertikal
9.       Help               : mengaktifkan program bantuan tentang hal-hal yang tidak dimengerti dalam pengoperasian

3.       Toolbar dan Ikon
Toolbar merupakan sederetan tombol-tombol yang berfungsi untuk menjalankan perintah secara cepat. Cara mengaktifkan toolbar adalah klik menu view klik toopbar pilih salah satu toolbar yang akan diaktifkan. Toolbar yang biasa digunakan adalah standart, formatting dan toolbar drawing.
a.       Toolbar standart yang biasa digunakan adalah New, open, save, save as, email, Print, cut, copy, paste, undo, redo, insert table.
b.      Toolbar formatting yang biasa digunakan adalah style (membuat style dokumen biasanya meliputi indentasi, format teks, penomoran dan sebagainya), font (memilih jenis huruf), Bold (mencetak huruf tebal), Italic (mencetak miring teks), underline ( mencetak garis bawah), align left (rata kiri), center (rata tengah), align right ( rata kanan), justify ( rata kiri dan kanan), line spacing (mngatur jarak spasi), numbering (penomoran), bullets (penomoran dengan lambing), decrease Indent (membuat indentasi), increase indent ( menghaopus indentasi), border (menambah garis bingkai dan border), highlight ( menandai teks dengan warna), font color ( mengganti warna teks).
c.       Toolbar drawing
Terdiri dari draw (mengatur tampilan objek gambar), select object (memilih objek gambar), autoshape ( membuat gambar bentuk dasar), line ( membuat garis), arrow (membuat gambar tanda panah), rectangle (membuat gambar kotak), oval (membuat lingkaran/ellpis), insert wordart(menambah teks artistic), insert diagram (menambah diagram), insert clipart (menambah gambar), insert pictures (menyisipkan file gambar), fill color ( mewarnai gambar), font color ( mewarnai teks), line style ( memilih ketebalan garis), dash style (memilih jenis garis), arrow style (memilih bentuk tanda panah), shadow style ( menambahkan bayangan pada gambar).
B.      Cara Menggunakan Menu dan Ikon
1.       Mengaktifkan Menu melalui Mouse
Selain menu yang dapat ditampilkan dengan klik kiri dapat juga dengan klik kanan mouse.
2.       Mengaktifkan menu melalui Keyboard
a.       Menggunakan tombol Alt
Caranya dengan menekan tombol Alt bersamaan denga huruf yang mewakili menu yang ada atau tulisan yang bergaris bawah contoh File  (Alt + F), Edit (Alt + E)
b.      Menggunakan tombol control
Carannya dengan menekan tombol Ctrl + huruf, contoh Save (Ctrl +S), Bold (Ctrl + B)
Memformat Huruf : meliputi font, size, style, color maupun efek pada huruf seperti trikethrough, double strikethrough, superscript, subscript, shadow, outline, emboss, engrave, small caps, all caps, hidden; jarak antar huruf. Carannya klik format pilih font lalu pilih pengaturan yang diingikan.

FORMAT PARAGRAF
Mengatur Indentasi : adalah pergeseran teks dari batas margin kiri atau kanan. Kegunaannya adalah untuk member batas antara teks dengan kiri-kanan pinggir halaman. Dibedakan dalam dua macam yaitu :
First line indent yaitu pengaturan paragraph dengan posisi teks baris pertama agak masuk ke dalam.
Hanging indent : pengaturan paragraph baris kedua.
Mengatur Spasi : line spacing adalah ruang kosong atau jarak antar baris.
Fungsi tombol pada keyboard :
Ctrl         : sebagai tombol yang dapat dikombinasikan dengan huruf gunamenjalankan fungsi tertentu.
Alt          : sebagai tombol yang dikombinasikan dengan huruf guna menjalankan fungsi menu bar
Space bar            : merupakan tombol terpanjang untuk menambah jarak antar kata pada saat mengetik
Shift      : menampilkan huruf normal menjadi huruf capital serta menampilkan karakter khusus seperti : !@#$%^&*()_+ dll.
Caps lock             : untuk mengaktifkan huruf menjadi capital
Back space          : untuk menghapus huruf yang ada di sebelah kiri
Delete  : menhapus teks yang berada disebelah kanan
Num Lock            : jika tombol ditekan sehingga lampu inidikator num lock menyala maka berfunsi sebagai tombol angka
Esc (escape)       : tombol yang berfungsi sama dengan tombol cancel yaitu membatalkan perintah.